Do We Really Stick to Stereotype?

Sebenarnya ini jadi bahasan yang gampang banget buat ditemui. Apalagi di tengah-tengah masyarakat yang majemuk. Gue rasa setiap dari kita sangat akrab dengan hal-hal begini. Beberapa waktu lalu, gue sempet ngobrol bareng salah satu temen dan entah kenapa tiba-tiba arah pembicaraannya jadi sedikit menyinggung soal satu kelompok. Kurang lebih temen gue ini sebel karena di lingkungannya dia, di kota yang seumur hidup dia tinggalin ini masih banyak banget kesenjangan dan diskriminasi. Terutama masalah ekonomi dan menurut dia hal-hal yang begini di kuasain oleh sekelompok orang aja. Ngeselinnya lagi katanya ini anak, orang-orang dari kelompok itu kebanyakan songong dan la laa laa lain yang dia ungkapin. Gue mencoba untuk dengerin dulu ini anak arah pembicaraannya kemana sambil dalem hati mesem-mesem sendiri. Oh iya temen gue ini juga sempet bilang kalau orang-orang dari kelompok itu ngga ada tu yang kerja kasar, mau enaknya doang. 

Frankly speaking, gue ngga bisa sepenuhnya setuju sama temen gue ini karena itu bisa jadi cuma sebagian kecil dari yang dilihat. Tapi gimanapun gue juga musti ngakuin kalau gue ngerti concern yang dia coba ungkapin. Nggak cuma ini doang, cukup sering gue ada dalam obrolan macam ini dengan objek bahasan yang beda-beda. Kalau dari gue sendiri, kita ngga bisa kalau cuma ngeliat hal-hal semacam ini dari tampak luarnya doang. Maksud gue gini, lu ngasi penilaian ke kelompok tertentu berdasarkan pengalaman sendiri dan menurut lu itu udah bener karena lu ngalamin sendiri. Tapi pernah ngga sih lu kepikiran kalau bahkan sebelum pengalaman itu terjadi, pikiran kita udah dipengaruhi lebih dulu dengan penilaian yang ada di masyarakat. Misalnya lu belum kenal si A tapi ada temen-temen lu udah dan mereka bilang ini anak pelit banget soalnya turunan si ini sih. Dan ketika lu bergaul sama si A lu jadi kebawa-bawa omongan temen-temen lu dan akhirnya lu tetep percaya dan ngasih penilaian yang sama. 

Gue juga ngga bisa sepenuhnya bilang kalau penilaian yang gue kasih itu bener-bener objektif. There is no such thing. Penilaian yang lu kasih ke orang lain sedikit banyak udah pasti ada sisi subjektifitasnya. Ini seharunya jadi hal yang beda-beda di tiap orang karena lu pakai subjektifitas. Tapi kita, masyarakat yang sekarang lebih gampang untuk dikonstruksi. Pakai penilaian orang untuk menilai. Ujung-ujungnya yang begini bakal ngedorong masyarakat jadi gampang disetir karena dasarnya udah sepikiran. Padahal lu belum tentu paham itu bener atau nggak. Jangan-jangan kita sendiri bagian dari yang mendiskriminasi, kita sendiri yang tidak berusaha lebih keras, kita sendiri yang pasrah-pasrah aja sementara mereka emang udah usaha. Kan lu ngga tau itu orang ngejalanin idupnya gimana. Banyak banget rupa stereotipe di masyarakat dan untuk sepenuhnya tidak terpengaruh emang susah karena gimanapun kita hidup di lingkungan itu. Tapi nggak ada salahnya juga untuk ngembangin pemikiran sendiri, open minded, dan ngga asal lempar statement. Penilain itu penting banget buat tiap orang dan ngaruh buat ke depannya. Jadi kayak jangan sampai gara-gara terpengaruh penilaian orang lain kita asal ikut-ikutan. Let's be smart.

Tags:

Share:

0 komentar