The Deer Eyes

Agustus lalu gue dapat kesempatan buat nemenin beberapa orang asing buat ngerjain proyek dari AIESEC dan dari semua rentetan acara yang udah kita jalanin ada satu yang berkesan banget. Kita ngunjungin salah satu sekolah di daerah Kenjeran dan dari rupa-rupanya sih ini sekolah bangunannya baru jadi ruang-ruang kelas masih kosong (literally kosong). Alhasil gue sama temen-temen musti jalanin proyek di luar kelas. We're totally fine tho. 

Meski udara panasnya ngga ketulungan tapi anak-anaknya tetap semangat. Jadi temen-temen gue ini datang dari China dan Kanada dan mereka ngikutin kegiatan Earth Hour nya AIESEC. Intinya ini kegiatan fokus soal lingkungan, mulai dari sosialisasi, kampanye lingkungan sampai turun aksi langsung. Kenapa yang satu ini bisa berkesan da? 

Jadi gini, kita punya proyek kampanye soal gimana caranya mengolah sisa makanan atau food waste. Di sekolah yang sempet gue datengin ini kita jelasin deh tu mulai dari apa sih food waste dan gimana cara mengolahnya supaya ngga jadi wasting buat kita-kita. Gue punya tugas buat menerjemakan yang dijelasin temen-temen gue ini, and I am so amazed of how excited they are! Sambil ngejelasin, gue juga ngeliat muka anak-anak ini dan mata mereka bener-bener bersinar. Mereka ngeliat tepat ke arah gue yang ngejelasin dan manut-manut tiap gue ngartiin.  

On top of that, yang bikin gue bener-bener berasa terharu adalah ada satu anak cowok yang datengin gue dan tiba-tiba nanya "kakak dari luar negeri juga ya? Kok bisa lancar banget ngartiinnya" gue ajak ini duduk dan ngobrol. Dan gue makin seneng sekaligus juga sangat terharu pas dia nanya lagi "China itu jauh ya kak? dingin nggak?" He was such a curious boy!

Kalau mau ke sana lama ngga kak?

----

Obrolan yang bentar banget tapi kesannya masih berasa sampai sekarang. Yang ngga bisa gue lupain adalah, matanya dia bener-bener innocent, penuh rasa penasaran dan cantik banget. Gue lupa dong buat nanyain namanya dia but I'll call him the deer eyes. Dia bener-bener ninggalin kesan yang mendalam ke gue. Setelah ngobrol gue jadi kepikiran kalau emang bener inspirasi dan semangat itu bisa datang dari mana aja. Dari tempat dan sumber yang ngga disangka-sangka, dari sosok yang mungkin nggak akan pernah kita bayangin. Strangers could be one of them and I was a stranger to him and so does he to me. So we both were strangers but what I would assume is we had given inspiration to each other. Hal-hal kecil yang kadang kita remehin juga bisa jadi semangat baru dan itu jadi bagian yang paling seru. 


Tags:

Share:

0 komentar